Siantar Man Tagam Sinaga Bongkar Aib Hakim Pecandu Narkoba, Bawa 2 Cewek ke Rumdis

siantar man tagam sinaga

Topmetro News – Siantar Man Tagam Sinaga, yang berpangkat Brigjen, kini  Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung cukup bernyali. Brigjen Tagam Sinaga, yang pernah menjabat Kapolrestabes Medan berniat membongkar aib hakim berinisial Y. Oknum hakim Y itu disebut-sebut seorang pecandu narkoba. Tidak itu saja, oknum hakim nakal itu dipergoki bawa 2 orang cewek ke rumdis (rumah dinas).

Brigjen Tagam Sinaga Akui Hakim Y Pemakai

Kasus ini memang cukup viral di media sosial. Kata Tagam Sinaga, oknum hakim Y mempunyai riwayat sebagai pemakai narkotika. Selain itu hakim Y pernah ditangkap sebagai pemakai narkoba, kemudian dinonjobkan sampai dimutasi ke Lampung.

“Dulunya kan kena juga sebagai pemakai. Kemudian dikirimkan mutasi kemudian dinonjobkan kalau tidak salah. Tapi kalau keterangan humas sudah dinonjobkan,” kata Tagam Sinaga, sebagaimana dikutip Topmetro News dari pojok satu, Senin (21/1/2019).

Tagam Sinaga sempat heran, mengapa hakim Y masih berada di Lampung.

“Memang dia ya pemakai (narkoba). Masalahnya juga yang awal kenapa dimutasi masalah pemakai. Sudah dimutasi bukan di Lampung lagi, cuma belum berangkat, ya nggak tahu itu humasnya yang lebih paham,” tegas Tagam.

Tagam membenarkan hakim Y menjalani test urine di BNN Lampung. Saat test urine, hakim Y didampingii pejabat Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Tinggi (PT) sampai Komisi Yudisial (KY).

Sayang, menurut Tagam Sinaga yang pernah menduduki jabatan Kasat Tipikor Polda Sumut itu, hasil test urine hakim Y masih di labolatorium dan belum bisa disampaikan ke publik.

Usai test urine, hakim Y kemudian dibawa ke rumah sakit. Dari informasi yang diterima, dia dalam keadaan sakit.

“Hasil tes nggak bisa kita jelaskan, hasilnya baru dibawa ke labolatorium. Karena kejadian sudah 2 hari. Hakim terus dibawa ke rumah sakit, kan dalam keadaan sakit. Masalah sakit apa, apa betul sakitnya, nanti dokter (menjelaskan),” pungkasnya.

Digerebek Warga Asyik ‘Indehoi’ dengan 2 Wanita

Seperti diketahui hakim Y digerebek warga lantaran diduga ‘indehoi’ dengan 2 orang wanita yang bukan istrinya di rumah dinas.

Selain indehoi, Y dan dua teman wanitanya juga diduga pesta minuman keras (miras). Mereka digerebek warga bersama anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Selasa (15/1/2019) dini hari.

Di tempat terpisah, Jesayas Tarigan, Humas Pengadilan Tinggi (PT) Tanjungkarang mengatakan Bawas MA menindak menindaklanjuti informasi dugaan penyalahgunaan narkotika yang dilakukan Y, yang bertugas di Pengadilan Negeri Menggala.

“Benar saat ini Tim Bawas ke BNNP Lampung untuk tes narkoba. Hal ini tentunya untuk mengetahui apakah yang bersangkutan pemakai atau tidak,” ujar Jesayas, Senin (21/1/2019).

Reporter: JEREMI TARAN

BIODATA 

Nama Lengkap: Brigjen Tagam Sinaga

Tempat/Tgl Lahir: Pematangsiantar/6 Maret 1965

Nama Istri: Dra Apt Retriana Eti Br Nainggolan

Jumlah Anak: 5 orang

Nama Ayah: (Alm) P Sinaga

Nama Ibu : (Almh) Ersintaria Br Ambarita

JENJANG PENDIDIKAN:

-Tahun 1976: SD HKBP Pematangsiantar
-Tahun 1980: SMP Yayasan Budi Pematangsiantar
-Tahun 1983: SMA Negeri 3 Pematangsiantar

JENJANG KARIER:

– Tahun 2003: Kapolsek Sawah Besar
– Kabag Operasi Polres Jakarta Pusat
– Kasat Tipikor Poldasu
– Tahun 2006-2008: Kapolres Labuhanbatu
– Wakapolwil Purwakarta Provinsi Jawa Barat
– Penyidik Utama Bareskrim Mabes Polri
– Agustus 2010: Kapolresta Medan
– Kepala BNN Lampung s/d Sekarang

Related posts

Leave a Comment